Ini Dia Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi!

Standar

1431319062

BEBAS PENYAKITKarbohidrat adalah sumber energi utama tubuh yang merupakan senyawa berunsur karbon, hidrogen dan oksigen. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan), dan materi pembangun.

Salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi, dan rata-rata orang Indonesia memiliki pola pikir “belum makan kalau belum makan nasi”. Padahal mengkonsumsi nasi putih secara berlebihan akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang pastinya dapat membahayakan tubuh.

Banyak mengkonsumsi nasi dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi dan obesitas. Beras yang dimasak dan menjadi nasi putih memiliki indeks gilkemik yang tinggi (selengkapnya bisa dibaca disini).

Fakta inilah yang membuat para pakar kesehatan yang menyatakan semakin banyak memakan nasi putih maka kadar gula dalam tubuh akan semakin tinggi, dan menganjurkan untuk menari makanan pengganti nasi yang mengandung sumber karbohidrat.

Solusinya adalah dengan mencari pengganti nasi yang memiliki kadar karbohidrat rendah indeks glikemik. Selain dapat menghindari resiko penyakit yang teah disebutkan sebelumnya, sumber karbohidrat dari makanan selain nasi dapat memberikan variasi dalam memenuhi menu makanan.

Nah, berikut adalah beberapa makanan pengganti nasi yang mengandung karbohidrat dengan glikemiks rendah :

1.  Singkong

Singkong adalah sumber karbohidrat kompleks dengan nilai GI rendah yaitu di bawah 55. Kandungan seratnya yang tinggi, membuat singkong dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Selain itu juga dapat dijadikan asupan kalori bagi tubuh. Untuk cara mengkonsumsinya bisa direbus atau dikukus, dibakar, dibuat tepung/beras singkong.

2.  Mantang atau Ubi Jalar

Ada 3 jenis ubi jalar, yaitu ubi putih, ubi kuning dan ubi ungu. Makanan sumber karbohidrat ini telah ditetapkan sebagai juara nutrisi oleh Asosiasi Nutrisi Amerika Serikat. Nilai indeks glikemisnya hanya 54 yang menjadikan makanan ini lambat diproses oleh tubuh menjadi gula darah. Mantang juga tidak hanya mengandung karbohidrat, beberapa vitamin penting juga terdapat pada makanan ini seperti Vitamin A, Vitamin C bahkan antioksidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas pada tubuh. Mantang juga dapat membantu proses pencernaan, sebab pada mantang terdapat kandungan serat yang cukup tinggi. Baca selengkapnya

Tinggalkan komentar